Banyak masyarakat pastinya pernah mendengar soal NPWP online efin tetapi tidak paham akan maksudnya.  e-FIN ini merupakan singkatan dari Electronik Filing Identification Number yang diberikan dari DJP (Dirjen Jendral Pajak) kepada seluruh wajib pajak yang ada di Indonesia.  Bagi Anda para wajib pajak harus mengetahui seluruh informasi soal e-FIN ini bila ingin proses perpajakan yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar. Untuk itulah simak bebagai informasi penting seputar E-FIN online dalam kaitannya mengenai NPWP.

Ada setidaknya empat informasi penting seputar e-FIN online dalam kaitannya mengenai NPWP yang tidak boleh diabaikan para wajib pajak. Berikut ini adalah penjelasan dari keempatnya secara rinci:

  1. Merupakan Nomer Identitas

e-FIN online ini merupakan nomer identitas yang diberikan oleh Direktorat Jendral Pajak. Nomor tersebut berisikan 10 dijit nomer yang digunakan sebagai identitas pada wajib pajak di Indonesia.

  1. Belum Bisa Melakukan Daftar e-FIN online

Informasi penting berikutnya seputar e-FIN online ini adalah belum bisanya Anda melakukan pendaftaran pada e-FIN tersebut. Anda masih harus datang ke KPP bila ingin membuatnya.  Hal ini berdasarkan olehkarena Perdirjen Pajak Nomor PER 04/PJ/2015 yang mengatur soal pendaftaran tersebut.

  1. Tetap Bisa Mengisi Formulir e-FIN Terlebih Dulu

Walaupun Anda tidak bisa melakukan daftar e-FIN online, tetapi Anda tetap bisa mengisi terlebih dahulu formulirnya. Untuk melakukan tahapan ini silahkan masuk ke aplikasi OnlinePajak. Disitu Anda bisa mengisi bahkan mencetak formulir e-FIN online dalam kaitannya mengenai NPWP yang harus dibawa saat datang ke KPP. Nah, disini Anda harus menyertakan beberapa syarat seperti NPWP. Anda bisa membuat NPWP online terlebih dahulu bila belum mempunyainya.

  1. Bisa Diaktifkan melalui Aplikasi

Begitu Anda sudah mendapatkan e-FIN bisa langsung mengaktifkannya lewat apliaksi bernama Online Pajak. Cara pengaktifan tersebut begitu mudah sehingga tidak perlu khawatir sama sekali.

Semua informasi penting mengenai e-FIN ini dalam kaitannya mengenai NPWP tentunya harus Anda simak dengan baik. Pasalnya begitu penting dalam kegiatan perpajakan yang harus dilakukan para wajib pajak di Indonesia.