Sebagai orang tua aku tidak bisa melarang apapun yang diinginkan anak jika dalam menentukan pilihan pendidikan. Misal seperti menentukan pilihan jurusan perkuliahan. Di awal kelas 12 ini aku hanya menanyakan kepada anakku ingin melanjutkan kemana? Misal ke universitas, sekolah tinggi atau sekolah kedinasan? Ternyata anakku memilih ke universitas. Di awal dia masih bingung mau jurusan apa, tapi anakku di SMA berasal dari jurusan IPS. Dan aku menyarankan beberapa jurusan kuliah IPS apa yang cocok dengan anakku.

Ketika sudah mulai memasuki tahap dimana harus menentukan mau jurusan apa, ini juga untuk kepentingan seleksi SNMPTN, anakku mulai mantap ingin memilih jurusan kuliah IPS apa yang ia pilih, setelah tahu apa yang ia pilih, aku mendukung 100 persen atas pilihannya. Aku hanya saran kepada nya untuk melakukan beberapa cara ini untuk persiapan nanti mengikuti tes SBMPTN. Berikut beberapa tips yang aku berikan kepada anakku tentang persiapan ia memasuki tes SBMPTN:

  1. Niat dan tekad yang bulat. Ini merupakan hal yang utama. Mengapa demikian? Karena jika niat dan tekad sudah berasal dari hati maka apapun yang dilakukan akan didasari dengan perasaan yang ikhlas dan pastinya jadi penuh doa.
  2. Memilih jurusan yang memang sesuai dengan kemampuan dan keinginan kita. Ini penting! Karena menurutku kuliah bukan hanya perihal universitasnya saja, tapi jurusan sesuai passion juga penting. Jangan hanya karena ingin masuk universitas negeri lalu jurusannya dipilih secara asal yang penting masuk ke negeri dulu. Ini menyedihkan, padahal negeri atau swasta sama, jurusan kuliah ips atau ipa sama saja. Semuanya tergantung manusianya masing-masing.
  3. Belajar dengan sistem yang tepat. Menurutku belajar dengan Ruangguru adalah pilihan yang tepat, karena belajar secara online dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tidak perlu berangkat ke sebuah tempat untuk bimbel atau menyediakan waktu khusus untuk ke bimbel. Cukup dengan keinginan untuk belajar yang tinggi saja maka dapat belajar bersama Ruangguru di mana pun dan kapan pun.

Sistem yang diterapkan oleh Ruangguru ini harus mulai disosialisasikan dengan orang tua di rumah. Dengan Ruangguru ini juga mungkin ponsel genggam anak fungsinya akan lebih bermanfaat dibanding hanya untuk main game atau social media. Selain itu karena dilakukan di mana saja, maka belajarnya akan dalam pantauan kita selalu. Tidak perlu takut anak untuk bolos tidak datang atau apa. Ruangguru juga memiliki harga yang terjangkau untuk para orang tua.

Paket yang ditawarkan disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan. Baik dari paket perbulan atau per enam bulan bahkan sampai per satu tahun ajaran. Aku sebagai sesama orang tua sangat menyarankan aplikasi ini untuk terobosan baru dalam sistem belajar anak.